Saturday, September 23, 2023

Listrik 30 MVA bagi Kawasan Industri di Pasuruan

PLN Siapkan Suplai Listrik 30 MVA bagi Kawasan Industri di Pasuruan 

Sabtu, 23 September 2023

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan kesiapan menyuplai kebutuhan energi listrik bagi kawasan industri di Pasuruan yang dikenal dengan PIER, atau Pasuruan Industrial Estate Rembang. Komitmen ini disampaikan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, di sela kegiatan penandatanganan kerjasama antara PLN sebagai penyedia utama utilitas kelistrikan, dengan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut di Surabaya, Sabtu 23 September 2023. 

"Salah satu wujud dari implementasi misi PLN ialah mewujudkan listrik sebagai pendorong kegiatan ekonomi, yang pada kesempatan ini telah dilakukan penandatangan untuk penyediaan suplai kelistrikan sebesar 30 MVA," terang Agus. 

Agus menambahkan, sistem kelistrikan Jawa Timur saat ini masih mengalami surplus dengan cadangan daya sebesar 2.754 MW. Sehingga dipastikan mampu untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan di sentra-sentra industri baru Jawa Timur. 

"Tim kami akan terus mengkaji kebutuhan tambahan atau proyeksi industri baru di kawasan PIER seperti PT Evergreen 3465 kVA, PT Onduline Indonesia 690 kVA, PT Cell 555 kVA. Sementara saat ini disuplai dari Gardu Induk PIER, nanti akan dikaji lebih lanjut untuk kebutuhan penambahan infrastruktur kelistrikan lainnya. PLN siap memfasilitasi," lanjutnya. 

Pihaknya juga menyatakan terus berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan industri di Jawa Timur. Hal itu ditunjukkan dengan semakin banyaknya konsumsi listrik di sektor industri. Dia lalu merinci, penjualan tenaga listrik hingga Bulan Agustus telah mencapai 27,3 TWh. 

Sementara di sektor industri PLN telah melayani 110.058 pelanggan dengan daya hingga 7.487 MVA dan menyumbang 41,23% dari penjualan tenaga listrik di Jawa Timur. Sementara itu, Direktur PT SIER Didik Prasetiyono sebagai pengelola kawasan PIER menyampaikan apresianya kepada PLN. 

Ia berharap dengan adanya momentum ini kedepannya bisa menarik investasi-investasi lain untuk masuk guna mendukung pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur lebih baik lagi. "Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah melakukan dukungan selama ini untuk terus menyediakan utilitas bagi perkembangan kawasan industri kami khususnya di PIER," ucap Didik memungkasi.


Sumber :

https://jatim.viva.co.id/kabar/7383-pln-siapkan-suplai-listrik-30-mva-bagi-kawasan-industri-di-pasuruan?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts