Tuesday, May 5, 2015

UMK dan Hengkangnya Pabrik dari Pasuruan


Delapan Pabrik Bakal Hengkang dari Pasuruan

Ketidakpastian penetapan UMK tahun 2014 ternyata menimbulkan keraguan pengembanga para pengusaha. Khususnya sejumlah perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Pasalnya bila UMK Kabupaten Pasuruan 2014 nanti ditetapkan melebihi dari Rp. 2jt/bulan, maka dapat dipastikan pabrik di wilayah tersebut akan hengkang dari Kabuapten Pasuruan.

Menurut salah seorang General Manager sebuah perusahaan di wilayah Gempol yang berkenan tidak disebutkan namanya menuding selama ini pihak perusahaan sebenarnya sudah memberikan toleransi kenaikan UMK. "Hanya saja pada dua tahun terakhir ini, kenaikan UMK sudah membuat pabrik tertekan dengan biaya operasional," tegasnya, Kamis (07/11/2013).

Bahkan menurut pengakuannya, nilai investasi selama pabrik berdiri mencapai milyaran rupiah. Dengan banyaknya pabrik di suatu daerah dapat dipastikan berimbas pada kesejahteraan penduduk daerah tersebut. Dimana angka pengangguran akan terkurangi dengen adanya penyerapan tenaga kerja.

Bahkan dalam catatannya, selaku pelaku bisnis di kalangan industri yang produksinya semuanya diekspor terdapat 8 perusahaan besar mengancam akan memindahkan usahanya ke daerah lainnya yang memiliki UMK lebih rendah dibanding dengan UMK Kabupaten Pasuruan.

Diantaranya 2 pabrik yang berlokasi PIER, 2 pabrik di Beji dan 4 di Kecamatan Gempol. "Tentu kondisi ini akan mengancam kesejahteraan warga Pasuruan. Untuk itu kami yang tergabung dalam Apindo berharap ada kebijakan yang arif dari Pemkab Pasuruan serta kawan-kawan serikat buruh," tukasnya.


Sumber artikel:
http://www.kabarpasuruan.com/berita-194-delapan-pabrik-bakal-hengkang-dari-pasuruan.html

Sumber foto :
feiraloverain.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts