Monday, May 18, 2015

Saygon Water Park

surabaya.tribunnews.com

Bakal hadir wahana wisata baru di Kabupaten Pasuruan. Terletak di Desa Sengon, tempat wisata ini merupakan taman air (waterpark) dengan berbagai macam pilihan kolam renang.

Pemiliknya adalah putra daerah Kabupaten Pasuruan, H Roeslan, dan memberi nama tempat ini dengan sebutan Saygon Waterpark.

Memasuki waterpark ini, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan unik, pesawat Boeing 737/400. Pesawat ini merupakan pesawat angkut yang ketika dibeli oleh Roeslan masih aktif mengudara pada Januari lalu.

Roeslan sendiri membeli pesawat ini dari Bandara Cengkareng sebagai display utama untuk waterpark-nya.

"Pesawat ini sangat besar dan menjadi titik daya tarik utama waterpark saya," kata Roeslan saat ditemui Surya ketika mengawasi pengerjaan waterpark ini.

Ada empat jenis kolam air yang ditawarkan waterpark ini, yaitu kolam ombak, kolam luncur, kolam arus, dan kolam renang olympic. Dijelaskan, kolam ombak di waterpark ini memiliki banyak variasi ombak. Hal ini dibuat agar pengunjung bisa merasakan sensasi berenang di tengah laut.

Untuk kolam luncur, saling terintegrasi dengan kolam arus. Usai pengunjung meluncur dari perosotan raksasa, langsung bisa berenang sambil bersantai mengambang mengikuti arus air mengelilingi wahana kolam luncur. Pengunjung seperti berada di surga air.

Yang menarik, Roeslan juga membuat kolam renang olympic berstandar internasional. Kolam sepanjang 50 meter ini pun memiliki tribun di sisi kanan dan kiri. Roeslan memang ingin menjadikan waterpark miliknya ini menjadi jujugan lomba-lomba renang resmi.

"Sekaligus bisa menjadi tempat latihan para atlit renang," sambungnya.

Tak melulu tentang air, waterpark ini masih memiliki wahana-wahana lain. Pesawat terbang tadi pun juga sebuah wahana simulator penerbangan. Pesawat ini nanti dibuat agar pengunjung bisa merasakan sensasi terbang di pesawat. Bahkan, akan ada pramugari untuk memandu pengunjung terbang bersama maskapai Saygon Airways.

Roeslan sengaja memasang pesawat terbang sungguhan di waterpark ini karena menilai belum ada taman hiburan di Jatim yang benar-benar menyediakan pesawat sungguhan.

"Sebagai pembeda yang unik," ujarnya.

Selain simulasi penerbangan, Roeslan pun membangun sebuah bioskop 5 dimensi. Bioskop ini akan memutar film-film seru di mana pengunjung tak hanya dimanjakan secara visual melainkan juga bisa merasakan adanya deru angin, percikan air, hingga aroma asap.

"Bioskop biasanya hanya penglihatan dan pendengaran saja. Tapi untuk bioskop 5 dimensi, rasa juga ditonjolkan agar pengunjung benar-benar larut seperti sedang mengalami sendiri apa yang tengah ditontonnya," jelas Reoslan.

Di seberang waterpark ini, Roeslan pun menyediakan sebuah museum mini. Museum ini khusus memamerkan kendaraan-kendaraan perang, mulai dari motor, jeep, dan truk. Di museum ini, pengunjung bisa berfoto-foto ria dengan kendaraan perang hasil koleksi Roeslan pribadi.

"Kalau bisa dibeli, saya juga ingin menyediakan tank. Namun undang-undang melarangnya," ucap Roeslan.

Tak cukup dengan itu, waterpark ini pun juga menyediakan penginapan. Ada 14 kamar penginapan dengan fasilitas hotel budget.

Posisi waterpark ini didesain untuk menghadap ke Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuna. Pemandangan indah ini menjadi nilai jual penginapan yang ia bangun.
Pun, posisi waterpark ini sangat strategis dan merupakan jalur utama untuk ke Malang, Blitar, Jember, hingga Probolinggo. Penginapan ini menjadi tempat yang pas bagi para traveler untuk melepas penat semalam sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

Memecah Kemacetan

Membuat tempat hiburan, bagi H Roeslan bukan untuk mencari keuntungan semata. Pengusaha beton ini ingin berupaya memecah kebuntuan kemaceta yang terjadi di sepanjang jalur Purwosari-Malang ketika akhir pekan atau hari libur berlangsung.

Roeslan menerangkan, selama ini orang banyak pergi ke Malang atau Kota Batu sebagai tempat menghabiskan waktu akhir pekan. Hal ini menyebabkan jalur Purwosari-Malang selalu macet ketika musim liburan tiba.

"Tempat ini saya bangun untuk mengalihkan orang-orang yang ingin liburan ke Malang. Ketimbang terjebak macet berjam-jam, mending ke Saygon Waterpark," tutur Roeslan.

Rencananya, watwrpark ini mulai beroperasi pada 8 Juni 2015. Harga tiket masuk waterpark seluas 1,2 hektare ini cukup murah, yaitu Rp 20.000.

Penamaan tempat ini merupakan plesetan dari nama desa tempat waterpark ini berada, yaitu Desa Sengon.

"Saya namakan Saygon seperti Kota Saigon di Vietnam, agar ada nuansa internasionalnya," ujarnya.
Pemkab mendukung

Kehadiran wahana wisata baru di Kabupaten Pasuruan, Saygon Waterpark, mendapat apresiasi khusus dari Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf. Irsyad mengaku bangga ada putra asli Kabupaten Pasuruan mampu membuat tempat wisata yang menurutnya sebuah terobosan baru.

"Sudah banyak tempat wisata yang ada. Yang ditawarkan H Roeslan, benar-benar baru," kata Irsyad ketika berkunjung ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan, beberapa waktu lalu.
Kehadiran tempat wisata ini, lanjutnya, menjadi alternatif pilihan baru selain Taman Safari Indonesia (TSI) Prigen, Kebun Raya Purwodadi, dan lainnya.

Letak Saygon Waterpark yang berada di jalur utama Malang-Surabaya pun sangat strategis dan bisa menjadi nilai tawar bagi para wisatawan yang enggan terjebak arus macet sepanjang Purwosari-Malang ketika akhir pekan.

"Saya berharap makin banyak investor yang menanamkan modalnya di bidang pariwisata mengingat Kabupaten Pasuruan ini merupakan segitiga emas jalur lalu lintas di Jatim," pungkasnya.

Tanggal 9 Mei 2015, Pukul 06.30 WIB, di Desa Sengon, Purwosari - Pasuruan, Jawa Timur, kami telah melakukan test commisioning untuk semua peralatan kolam ombak.

Tempat wisata bertaraf internasional, waterpark :
Wahana air yang luas dan variatif untuk balita hingga dewasa,

Kolam Renang Olympic :
Sarana lomba renang bertaraf Internasional, disertai dengan tribun penonton yang nyaman,

Hotel : Kami sediakan penginapan bagi anda yang ingin berada di Saigon Water Park lebih lama.

https://www.youtube.com/watch?v=RBgn0VUCj78


Sumber :
http://surabaya.tribunnews.com/2015/05/16/saygon-waterpark-tawarkan-sensasi-berenang-di-tengah-laut
http://andalanciptareka.blogspot.com/2015/05/test-commisioning-kolam-ombak-saygon.html

17 comments:

  1. saya dari HRD TIV AQUA Pandaan, minta diberikan data info terkait Saygon Water Park karena dimungkinkan menjadi alternatif pilihan rekreasi karyawan kita dan keluarga,
    mohon info marketing nya dan di email ke agus.prasetyo@danone.com

    ReplyDelete
  2. saya dari HRD TIV AQUA Pandaan, minta diberikan data info terkait Saygon Water Park karena dimungkinkan menjadi alternatif pilihan rekreasi karyawan kita dan keluarga,
    mohon info marketing nya dan di email ke agus.prasetyo@danone.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Agus, terima kasih sudah berkunjung di blog ini, untuk info selengkapnya dari Saygon Waterpark silahkan mengunjungi website resmi yaitu di www.saygonwaterpark.com
      thanks

      Delete
  3. Lokasi nya sengon sebelah mana gan..?

    ReplyDelete
  4. selamat pagi, saya elgar dari PT. Jawa Pos. berkaitan dengan kebutuhan publikasi Saygon waterpark di media cetak, apakah saya bisa mendapatkan kontak bagian yang terkait? bisa menghubungi saya di elgar.jawapos@gmail.com, terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Untuk info selengkapnya dari Saygon Waterpark silahkan mengunjungi website resmi yaitu di www.saygonwaterpark.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain website www.saygonwaterpark.com juga bisa menghubungi ke email info@saygonwaterpark.com

      Delete
  6. Tiket masuk 20000, apakah sudah termasuk tiket pesawat, tiket museum, tiket berenang, tiket bioskop? Mohon di balas, kalau ada waktu kami sekeluarga ke saygon waterpark.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk info selengkapnya dari Saygon Waterpark silahkan mengunjungi website resmi yaitu di www.saygonwaterpark.com

      Delete
  7. Saya Andri pengurus Yayasan Panti Asuhan Al-Mustaqim Ketindan Lawang Malang, saya berencana mengajak anak asuh kami ke obyek wisata yang bapak kelola. Kurang lebih 35 anak, kira-kira adakah dispensasi tiket masuk untuk anak kami? Terima Kasih...............

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan menghubungi website www.saygonwaterpark.com dan email info@saygonwaterpark.com

      Delete
  8. Website nya enggak bisa dibuka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa menghubungi ke email info@saygonwaterpark.com atau telp (0343) 6755 888 - 6755 999

      Delete

Related Posts