Sunday, February 10, 2019

Tol Pasuruan-Probolinggo

Tol Pasuruan-Probolinggo Siap Beroperasi, Waktu Tempuh Hanya 30 Menit

Minggu, 10 Februari 2019 14:00


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 km akan segera beroperasi. Sebelumnya Tol Paspro sempat dibuka secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 kemarin.

"Dengan konektivitas yang lebih baik maka akan membuka peluang bangkitnya potensi di daerah yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal," kata Basuki melalui keterangan resminya, Minggu (10/2).

Dia menambahkan, pemerintah bakal fokus menuntaskan Tol Trans Jawa hingga sampai Banyuwangi. "Kalau pembebasan lahannya bisa selesai, mudah-mudahan 2020 akhir bisa selesai sampai Banyuwangi," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol Dwi Pratikno menambahkan, pembangunan tol ini relatif cukup lancar. "Tol Paspro dimulai dari seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur, dengan panjang keseluruhan adalah 31,3 Km," jelasnya.

Total investasi Tol Paspro ini senilai Rp 4,6 triliun untuk tiga seksi dengan hak konsesi selama 50 tahun. Nantinya, ruas tol ini memiliki empat buah rest area tipe B, dimana masing-masing terletak dua di jalur kiri dan kanan.

"Lahan yang disiapkan hampir empat hektar untuk masing-masing rest area. Rest area tipe B ini tidak ada SPBU nya. Jarak antar rest area adalah 7,5 kilometer," tandas Dwi.


Sumber :
https://www.merdeka.com/uang/tol-pasuruan-probolinggo-siap-beroperasi-waktu-tempuh-hanya-30-menit.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts