Sunday, November 5, 2017

Tempat Wisata di Pasuruan

9 Tempat Wisata di Pasuruan yang Lagi Hits


Kalau kamu berdomisili di Pulau Jawa mungkin gak ada salahnya kalau kamu coba melirik sedikit ke Kabupaten Pasuruan.


1. Main Air di Coban Baung

Di Pasuruan Coban Baung bisa banget jadi pilihan kamu untuk bermain air seharian. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Baung loh. Lokasi coban ini terbilang unik karena diapit oleh Kebun Raya Purwodadi dan dekat dengan pertemuan Sungai Welang dan Sungai Beji.

Coban Baung berada tepat di Dusun Sumbersuko Desa Kertosari Kecamatan Purwodadi, Pasuruan dengan luas area sekitar 195,50 hektar.


2. Coban Putuk Truno

Coban Putuk Truno memiliki ketinggian air kurang lebih 45 m dan berada tepat di kaki Gunung Welirang dan Arjuno atau masuk dalam kawasan wisata Tretes. Sebenarnya 400 m dari coban ini ada Coban Kakek Bodo yang populer itu.


3. Pemandian Banyu Biru

Ini dia pemandian kolam alami yang sudah ada semenjak jaman penjajahan. Ketuaan pemandian yang berlokasi di Desa Sumberejo Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan ini kian terasa karena keberadaan arca-arca peninggalan Kerajaan Majapahit.


4. Danau Ranu Grati

Di Pasuruan ada danau kece yang menjadi andalan warga Pasuruan dan sekitarnya. Yes, namanya adalah Danau Ranu Grati. Danau alami ini memiliki luas sekitar 200 ha dengan pegunungan Tengger sebagai latar belakangnya.

Danau Grati hanya berjarak kurang lebih 30 menit dari kota Pasuruan atau lebih tepatnya, berada antara 3 desa yaitu Desa Sumberdawesari, Desa Ranuklindungan, dan Desa Gratitunon Kecamatan Grati.


5. Laut Pasir di Gunung Bromo

Gunung Bromo dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut memang masuk dalam empat wilayah kabupaten di Jawa Timur, salah satunya adalah Kabupaten Pasuruan. Gunung dengan lautan pasir seluas 10 km ini memang terkenal indah. Gak hanya pesona lautan pasirnya, sunrisenya juga terkenal eksotis dan membuat siapa pun yang pernah berkunjung selalu rindu.


6. Gunung Arjuno

Gunung ini secara administratif masuk dalam kawasan empat Kabupaten sekaligus di Provinsi Jawa Timur di antaranya Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Tuh, Pasuruan lagi-lagi masukkan. Gunung dengan ketinggian 3.339 m dpl ini berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung dan menjadi lima puncak tertinggi di Pulau Jawa.


7. Taman Safari Prigen

Mau merasakan sensasi dekat dengan satwa-satwa liar seolah-olah di habitat asli satwa tersebut? Kamu pasti berpikir ingin ke Madagaskarkan? Heeem, udah deh gak usah jauh-jauh. Nyicil seru-seruan main di Taman Safari Prigen aja. Taman Safari Prigen atau yang lebih sering disebut Taman Safari Indonesia II adalah salah satu obyek wisata di Pasuruan yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarag maupun sahabat tercinta.

Taman Safari yang merupakan salah satu safari park terluas di Asia ini berada tepat di lereng Gunung Arjuna bahkan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Arjuna di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Pasti sudah bisa kamu bayangkan seberapa sejuk udara di Taman Safari Prigen ini. Ada beberapa satwa koleksi Taman Safari Prigen di antaranya singa, harimau, gajah, banteng, zebra, beruang, orangutan, lumba¬lumba, dan sebagainya.

Tidak hanya mengoleksi satwa-satwa liar, Taman Safari Prigen juga menyiapkan wahana yang siap buat kamu happy seharian. Ada wahana Outbond, Safari Aquatic Land, Elephant Journey, Paintball War Game, Baby Zoo, Education Show, Area Rekreasi, Safary Water World, dan Swimming With Dolphin.


8. The Pines Taman Dayu

Pines Taman Dayu masuk dalam kawasan hunian, resort wisata, dan pusat bisnis Taman Dayu yang berlokasi di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. The Pines merupakan fasilitas camping yang disiapkan pengelola bagi warga Pasuruan dan sekitarnya.

The Pines dilengkapi dengan bermacam-macam fasilitas seperti kamar mandi yang banyak, musholla, tempat wudhu, bahkan ada permainannya juga loh. Ada outbond, flying fox, fun games dan paintball. Gimana sudah terbayang keseruan camping di The Pines?


9. Pantai Lekok

Pantai ini sekilas sama halnya dengan pantai-pantai pada umumnya. Yang berpasir putih terhampar. Sunset atau sunrise memikat. Debur ombak yang memecah bibir pantai. Ya begitulah gambaran pantai yang familiar dalam kepala kita.

Tapi Pantai Lekok bukan pantai biasa. Cobalah berkunjung ke pantai ini saat hari lebaran ketupat. Kamu akan terpesona dengan pertunjukan rakyat yang ditawarkan warga sekitar pantai. Nama pertunjukannya adalah ski di atas lumpur atau celot alias ski lot.


Sumber :
http://ngadem.com/9-tempat-wisata-di-pasuruan-yang-lagi-hits/

No comments:

Post a Comment

Related Posts