Monday, September 8, 2014

Tol Gempur, Gempa dan Gempas


Rencana dan persiapan pembangunan tiga ruas jalan tol Gempol-Porong (Gempur), Gempol-Pandaan (Gempa), dan Gempol-Pasuruan (Gempas) kian matang. Saat ini tim khusus dari panitia pengadaan tanah (P2T) untuk sesi I tol Gempas sudah hampir selesai.

Untuk tol Gempol-Pandaan, P2T sudah menyelesaikan pekerjaan besar mereka hingga 77,17 persen. Ini dibuktikan dengan telah dilakukannya realisasi uang ganti rugi Rp 113,89 miliar untuk tanah seluas 77,785 hektare. Sisanya masih dalam proses.

Sementara untuk jalan tol Gempas sesi I, baru terselesaikan pembayaran UGR untuk tanah seluas 5 hektare. Baru sekitar 3,72 persen yang baru diselesaikan dari target pembebasan lahan yang telah ditetapkan.

Persiapan jalan tol Gempol-Pasuruan merupakan ruas jalan tol baru yang paling panjang dibanding tol Porong-Gempol, ataupun Gempol Pandaan.

Tol Gempas itu akan melewati jalan sepanjang 34,14 km, dengan luas lahan sekitar 280 ha. Untuk itu, pemerintah harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Sekitar Rp 354 miliar yang harus digelontor dalam rangka pembebasan lahan tersebut.

Ruas jalan tol di Jawa Timur bakal bertambah lagi. Mulai 2013 akan dibangun tol Gempol-Pasuruan seksi 1 sepanjang 13,39 kilometer. Tol ini diperkirakan bakal selesai 2014.


Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 1 adalah bagian dari rangkaian jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,15 km yang membentang dari Bundaran Gempol sampai Kecamatan Grati. Tol Gempol-Pasuruan ini dibagi menjadi 3 seksi yang keseluruhan pengerjaannya diperkirakan memakan waktu sekitar 3 tahun.

Seksi 2 dimulai dari titik Rembang dan berakhir di Kota Pasuruan.

Sementara seksi 3 dari Kota Pasuruan sampai Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan.

Pembangunan Tol Gempol-Pasuruan menelan anggaran sekitar Rp 2,7 triliun, dengan komposisi 30% modal sendiri, dan 70% dari sindikasi bank yang berasal dari Bank Jatim, Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

Lintasan jalan tol Gempas sendiri tidak hanya melewati wilayah Kabupaten Pasuruan. Tapi juga ada empat kelurahan di wilayah Kota Pasuruan yang juga dilewati. Baru kemudian kembali melintasi area kabupaten dari Gondangwetan, Rejoso, dan berakhir di Grati.

Lintasan tersebut, imbuh Marhendra, akan melintasi Kecamatan Gempol di Desa Winong. Untuk Kecamatan Beji, di Desa Wonokoyo, Gunung gangsir, Gunungsari, Beji, Gajah bendo, Kenep, dan Sidowayah.

Dilanjutkan dengan wilayah Kecamatan Bangil Desa Kolursari, dan Kecamatan Rembang di Desa Oro-oro Ombo Kulon, Oro-oro Ombo Wetan, Pekoren, Pejangkungan, dan Kecamatan Kraton di Desa Curah Dukuh.


Sumber :
http://www.pasuruan.info
http://finance.detik.com

2 comments:

  1. mas bro kalau ingin tahu proyek dan info lengkap di pasuruan silahkan kunjungi ini..
    http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1625283&page=66

    ReplyDelete

Related Posts