Friday, June 19, 2015

Mushola "Di Atas Awan"

Mandiri Syariah Bangun Mushola "Di Atas Awan" Bromo


Mushola paling cantik di Indonesia ada di Bromo, Jawa Timur. Berada sekitar 500 meter sebelum Pananjakan, lokasi tertinggi untuk menikmati sunrise dan sunset di Gunung Bromo.

Areal mushola cukup leluasa. Sekitar 1.800-an meter persegi. Di bangunan utama yang didesain arsitektural zaman Majapahit, menampung sekitar 50-60 orang jemaah. Lalu, pelengkapnya, bangunan lain mirip gazebo ukuran besar multifungsi. Bisa jadi tempat ibadah, tempat istirahat, atau jadi spot alternatif menikmati sunset. Fasilitas lain, ada toilet dan tempat wudhu yang bersih.

Biaya untuk mendirikan mushola sebesar Rp1,4 miliar dan dibangun selama 8 bulan. Yang menarik pengelolanya, bukan hanya beragama Islam tapi ada juga Hindu. Agama ini dianut mayoritas masyarakat sekitar Tengger, tempat Bromo berada. Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.

Lokasi mushola ini sebenarnya cukup ekstrim. Berada di areal yang menjorok keluar, persis belokan. Masuk ke areal Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger. Proses pembangunannya tidak mudah. Selain membawa naik material yang berat, ada hadangan cuaca yang sering berkabut. Sumber air untuk mushola cukup jauh, sehingga disedot melalui pipa sepanjang 2 kilometer.


http://ratnasusilo.blogspot.com/2015/05/mandiri-syariah-bangun-tempat-ibadah.html

1 comment:

Related Posts